Pages

Sejarah Penting Perkembangan Internet Sampai Sekarang

(Sumber asli : http://malonemediagroup.com)


   Mengenal internet, selama ini kita sebagai pengguna internet hanya tau sebagai pemakai saja tanpa mencari tahu bagaimana internet bisa muncul atau yang lebih simple apa itu internet ?. Mari kita duduk sejenak sambil membaca artikel ini agar kita sebagai pengguna tidak hanya menggunakannya saja. Sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan primer, bahkan hampir 70 persen manusia menggunakan internet. Para ilmuwan dari masa ke masa selalu mengembangkan dan mempercanggih dunia internet agar dapat mencakup seluruh kebutuhan manusia.


   Yok gan, kita menelusuri timeline sejarah perkembangan internet dulu hingga sekarang.

Tahun 1958

Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency(ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.


Tahun 1962

J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.


Tahun 1960

- Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

- ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers”, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakniStanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, danUniversity of Utah.

Tahun 1965

- Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson.1968

- Jaringan Tymnet dibuat.


Tahun 1971

Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.


Tahun 1972

- Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. 

- Roy Tomlinson memperkenalkan E-mail, yaitu sebuah elektronik mail yang dapat dikirimkan setiap personal yang memiliki E-mail. Bersamaan dengan itu  Roy Tomlinson juga memperkenalkan symbol “@” sebagai pengganti “at” pada E-mail.


Tahun 1972

Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.


Tahun 1973

ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

Tahun 1974 (TCP)
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection”.

Tahun 1978 (TCP/IP)

Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol(TCP/IP).


Tahun 1979 (USENET)

Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.


Tahun 1982   


Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.

Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.

Tahun 1986 (DNS “Domain Name System”)

Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS(Domain Name System)yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
Tahun 1988 ( IRC )


Jarko Oi Karinen memperkenalkan sebuah aplikasi yang menggunakan internet yaitu Internet Relay Chat disingkat IRC, yang memungkinkan pengguna dapat saling berkomunikasi textual melalui komputer.
Tahun 1990 ( Browser dan Program Editor)

Tim Berners Lee menciptakan aplikasi browser untuk mempermudah pengguna internet untuk melakukan surfing terhadap sebuah situs. Tim Berners juga menciptakan sebuah program editor di tahun yang sama.

 Tahun 1994 ( Virtual shop)

- Munculnya Virtual shopping di tengah pengguna internet, dimana memungkinkan penguna untuk membeli kebutuhan sehari-hari secara online.
- Jerry Yang dan David Filo mendirikan Yahoo, bersamaan ditahun yang sama Netscape Navigator 1.0 muncul di publik.

Tahun 1997 ( Google )


Kegiatan blogging dimulai, jumlah website telah mencapai satu juta. Setahun kemudian di tahun 1998, Google berdiri. Google menciptakan search engine, mesin pencari informasi di world wide web yang hingga saat ini masih bertahan sebagai mesin pencari nomor satu di dunia.

Tahun 2002 ( Friendster)

Setelah lama kehebohan internet menghilang. Friendster mulai online. Friendster bukan website media sosial pertama, namun Friendster membuka mata dunia tentang fenomena revolusi kedua dunia internet, yaitu Media Sosial. Dalam 3 bulan sejak launching, Friendster dapat mencapai 3 juta user (pengguna). Setelah keberhasilan Friendster, mulai bermunculan website penyedia layanan media sosial lainnya.

Tahun 2003 ( MySpace dan LinkedIn )

MySpace dan LinkedIn diluncurkan. LinkedIn merupakan Media Sosial yang awalnya ditujukan untuk kalangan profesional, pencari kerja atau perusahaan-perusahaan pencari pekerjaan. LinkedIn tetap bertahan hingga saat ini dan menjadi salah satu media sosial paling penting selain facebook dan Twitter. LinkedIn saat ini memiliki 175 juta pengguna di seluruh dunia. LinkedIn disukai pencari pekerjaan dan perusahaan yang mencari karyawan karena LinkedIn mememang diperuntukkan sebagai Media sosial untuk golongan Profesional pencari kerja. Linked In memiliki fitur “Recommendation” dan “endorsed skill” sebagai bukti kredibilitas seseorang atas kemampuan yang dimilikinya.

 Tahun 2004 (Facebook)

Facebook mulai diluncurkan. Facebook dalam beberapa tahun segera menyusul jumlah pengguna Friendster, MySpace. Facebook juga dipercaya sebagai penyebab menurunnya Friendster.

Tahun 2005 ( Youtube )
Youtube, situs berbagi video terbesar saat ini, muncul pada 2005. Saat ini, Youtube mencapai milyaran klik pengunjung yang melihat konten video di Youtube setiap hari.

Tahun 2006 (Twitter)

Twitter, situs penyedia layanan microblogging, 140 karakter mulai beroperasi pada tahun 2006. Twitter disebut-sebut sebagai layanan SMS di Internet. Saat ini Twitter menjadi salah satu penyedia layanan media sosial terpenting di dunia selain Youtube dan Facebook. Hingga tahun 2006, Google telah mengindex 25 MILYAR web pages, 400 juta pencarian per hari, 1,3 Milyar gambar. Semua itu terjadi hanya dalam waktu kurang dari 10 tahun sejak Google diluncurkan.

Tahun 2007 (Tumblr)

Sebuah  platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka "dasbor"; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.

Tahun 2009 (Bing)

Pada tahun 2009, muncul sebuah mesin pencari baru bernama Bing yang bertekad untuk menyaingi mesin pencari google yang sampai sekarang ini masih populer di kalangan pengguna internet. Namun, mesin pencari bing bekerja sama dengan perusahan Microsoft sehingga Bing menjadi mesin pencari utama untuk semua produk gadget maupun platform yang dikeluarkan oleh Microsoft.

Tahun 2010 ( Path dan Instagram)


Setelah twitter dan facebook membooming, muncul media social baru yang sangat populer saat ini dikalangan pengguna internet mobile. sebuah aplikasi jejaring sosial pada smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin adalah orang dibalik kesuksesan Path.
Selain path, terdapat pula media sosial yang menggarap aplikasi berbagi foto antar sesama pengguna yaitu Instagram. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Tahun 2013 - 2014 ( Snapchat)

Mahasiswa dari Stanford University mengembangkan sebuah aplikasi sosial media yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan pesan secara bersamaan. Dimana pesan dan gambar akan hilang setiap melakukan posting terbaru.

Berdasarkan trend dalam bidang internet, kemungkingan besar sosial media akan menjadi spot utama para perusahan-perusahan besar yang bergerak dibidangnya, dan diprediksikan akan tetap berkembang pesat hingga 5 tahun kedepan. Itulah sejarah penting internet yang perlu kita ketahui agar dapat melihat lebih dekat apa yang terbaru dalam dunia maya sekarang ini. 


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar